Virtual Reality

Apa itu Virtual Reality ? Pengertian !

Bagi sobat yang sudah nonton serial anime Sword Art Online (SAO), pasti tak asing nih dengan yang namanya Virtual Reality atau lebih dikenal dengan sebutan VR. Tapi bagi sobat yang belum tau apa itu Virtual Reality, Yuk kita ulas lebih dalam mengenai teknologi yang lagi Hits ini !!!

Headset VR
Contoh Virtual Reality

Sebenarnya Apa itu VR?

Virtual Reality atau VR, atau dalam bahasa indonesia disebut Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna atau user untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya, jadi kita akan merasa seolah benar-benar berada di dalam lingkungan tersebut.

Bagaimana VR itu dapat berjalan?

Untuk dapat menggunakan Virtual Reality, sobat memerlukan perangkat tambahan berupa Headset yang memungkinkan untuk kita masuk ke dalam dunia Virtual. Nah, untuk saat ini banyak sekali perusahaan yang membuat dan mengembangkan perangkat Headset VR ini dari yang paling murah hingga yang paling mahal dengan harga yang mencapai puluhan juta rupiah.

Berikut bisa sobat lihat sebuah video commercial dari perusahaan Samsung yang juga membuat perangkat headsetVR, ditambah dengan Smartphone milik Samsung sebagai Layar Virtualnya.

Cek Videonya :

Untuk headset VR dari samsung tersebut tentunya harganya juga cukup mahal ya sobat.. :D. Tapi tenang, masih banyak kok perangkat headset VR lain di pasaran yang harganya cukup murah dan kualitasnya pun bisa diadu. Salah satunya sobat yang paling murah meriah adalah Google Cardboard yang dikebangkan oleh Perusahaan raksasa Google.

Apa itu Google Cardboard ?

Ya perangkat yang satu ini memang yang paling murah meriah, karena terbuat dari bahan kardus sobat.
Google Carboard
Google Cardboard

Cardboard VR diperkenalkan pertama kali oleh google, sehingga pada awalnya disebut Google Cardboard. Perangkat ini sasuk dalam kategori Mobile VR Headset, karena menggunakan smartphone sebagai alat yang akan menampilkan konten VR, sama fungsinya seperti headset Samsung VR tadi sobat yang harganya jauh lebih mahal. Nah tapi untuk Cardboard VR ini bisa sobat beli di toko-toko online dengan harga murah dan bervariasi kok.

Jika Sobat malas beli, ini nih salah satu keunggulan dari Cardboard VR ini, yaitu sobat bisa buat sendiri dengan cukup mudah. Dan bahkan Google telah menyediakan template / Pola standar yang bisa sobat download dan print sendiri dengan printer. Kemudian Template yang sudah diprint bisa ditempelkan pada Carboard (Lembaran Kardus), lalu kardus bisa sobat potong sesuai pola.

Cardboard VR
Contoh Template Cardboard VR

Bagi sobat yang penasaran nih untuk membuat Cardboadr VR sendiri, dengan biaya murah, nanti kita bahas lagi sobat di artikel selanjutnya.

Apa keuntungan dari Virtual Reality ?

Mungkin dari beberapa sobat pasti bertanya-tanya, terus untuk apa saja sih Virtual Reality ini dan apa keuntungannya?
Sekarang ini memang teknologi Virtual Reality ini masih dalam tahap pengembangan sobat, tapi untuk kedepannya akan ada banyak manfaat dari penerapan teknologi VR ini dibanyak bidang kehidupan.
Untuk saat ini para vendor besar berlomba untuk mengembangkan teknologi VR ini dan diterapkan di beberapa bidang seperti :


- Pendidikan dan pelatihan :

Penggunaan virtual reality (VR) dalam bidang pelatihan adalah untuk memungkinkan para profesional untuk melakukan pelatihan dalam lingkungan buatan yang nyata di mana mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka tanpa konsekuensi yang fatal.

Dalam bidang militer, VR memegang peranan penting dalam pelatihan tempur. Hal ini memungkinkan para tentara berlatih di bawah lingkungan yang terkendali untuk menghadapai berbagai jenis situasi medan dan pertempuran. Sebagai contohnya VR digunakan dalam simulasi menerbangkan pesawat jet tempur, mengendarai tank, dan lain-lain sobat.


- Video games dan film :
Virtual reality akan selalu terikat dengan dunia hiburan. Dimulai pada awal 1990-an, Nintendo dengan Virtual Boy, Virtual I-O dengan perangkat iGlasses, dll. Contoh yang lebih modern adalah Nintendo Wii Remote, Xbox Kinect dan PlayStation Eye/Move, yang akan melacak pergerakan pemain.
Virtual reality melesat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, beberapa perusahaan besar berfokus pada virtual reality. Dalam bidang ini, contoh penerapan VR adalah merasa bahwa pemain berada di dunia game, menonton konser atau suatu event seakan-akan kita benar-benar berada disana sobat.

- Arsitektur :
Dalam bidang arsitektur, arsitek dapat menggunakan virtual reality untuk membantu mensimulasikan struktur dan desain yang berbeda untuk membantu mereka dalam proses desain ruangan, rumah ataupun gedung. Kemudian para arsitek atau konsumer dapat berkeliling pada desain yang telah dibuat.

VR Headset
Demo Virtual Reality


Bagaimana Sobat? Banyak hal menarik kan yang dapat dikembangankan dari teknologi Virtual Reality ini?

Tunggu Artikel menarik lainnya dalam TravelTech : Virtual Reality !!!

Salam Techno Travellers.
First