Virtual Reality

Apa itu Oculus Rift VR ? Simak !

Hey Sobat Traveltech !! Sudah ada yang pernah medengar kata "Oculus Rift" ??
Hmm.. mungkin dikalangan para pecinta game (gamers) handset yang satu ini sudah tidak asing lagi. Tapi bagi para sobat yang belum tau nih, mari kita ulas tentang Oculus Rift.
Oculus Rift Headset
Oculus Rift Headset

Apa itu Oculus Rift?

Oculus Rift berhasil diakuisisi oleh Facebook pada 2 tahun yang lalu, dan membuat gebrakan baru dalam dunia teknologi. Yes, peralatan yang satu ini gak jauh - jauh dari yang namanya dunia Virtual Reality sobat. Akan tetapi Oculus Rift ini dikembangkan untuk para gamers. Jadi kalau sobat adalah seorang pecinta game alias gamers, sobat akan dibawa untuk menikmati pengalaman menakjubkan seolah sobat benar-benar masuk kedalam dunia game yang sedang sobat mainkan. menarik bukan? :)


Apa Kelebihannya?

Oculus Rift ini untuk saat ini merupakan salah satu Headset VR terbaik yang dikembangkan dalam dunia Game. Berbeda dengan Headset mobile VR lain yang sobat harus menambahkan sebuah Smartphone sebagai Layar untuk menampilkan konten VR.
Oculus Rift sudah memiliki Layar sebesar 7 inchi di dalam Headset nya, dan didalamnya terdapat sensor Accelerometer dan Gyroscope, sehingga ketika sobat menggerakkan kepala, pandangan akan ikut bergerak mendekati sempurna 360 derajat, baik ke atas, ke bawah, maupun ke samping sobat.

Oculus Rift VR
Oculus Rift VR

Kelebihan Oculus Rift yang lainnya adalah headset ini menggunakan teknologi pelacakan khusus yang membuat latency pelacakan kepala 360 derajat sangat rendah sehingga memungkinkan pengguna secara mulus melewati dunia maya seperti di kehidupan nyata sobat. Setiap gerakan halus kepala pengguna akan dilacak secara real time sehingga menciptakan pengalaman alami dan intuitif.


Lalu Apa Kekurangan dari Oculus Rift?

Masalah yang hingga saat ini masih dikeluhkan dari Oculus Rift adalah pihak Oculus menyebutnya "Disorientasi", yaitu jika sobat terlalu lama menggunakan perangkat ini maka sobat akan merasa pusing hingga merasa mual - mual.

Kemudian yang satu ini sebetulnya tidak bisa disebut sebagai kekurangan, tetapi juga perlu sobat perhitungkan yaitu masalah harga sobat. Yap, untuk harganya lumayan menguras kocek sobat yaitu berkisar USD 600 atau sekitar Rp 8,3 juta.
Selain itu, headset canggih ini juga membutuhkan sebuah peripheral untuk bisa bekerja. Artinya sobat membutuhkan sebuah PC gaming atau perangkat komputer dengan spek tinggi, lalu menghubungkan Oculus Rift ini untuk dapat bermain game secara Virtual Reality.

Oculus Rift visual
Oculus Rift Visual


Rasakan Pengalaman Seru Bermain Game !

Buat sobat sekalian yang masih penasaran tentang Oculus Rift, berikut Video yang memperlihatkan kecanggihan Oculus serta pengalaman seru bermain game Virtual Reality yang bakal bikin sobat ngiler... :D

Cek Videonya :


Nah itu dia sobat, keren bukan? Untuk kedepannya akan banyak para developer alias pengembang game akan merilis game-game keren berformat virtual reality ini sobat.


Apa Oculus Rift hanya untuk bermain Game ?

Memang awal dari pengembangannya, Headset ini sebenarnya melirik sektor gaming sobat sebagai sasaran utamanya. Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi Virtual Reality yang semakin ketat, Beberapa aplikasi dikembangkan untuk Oculus Rift selain untuk Game adalah :

1. Tour Wisata : Sobat yang pengen jalan-jalan liburan ke luar negeri, gak perlu ribet cukup dengan Oculus rift di rumah, sobat langsung dibawa untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan format Video 360.

2. Bidang Kedokteran : Oculus Rift digunakan bagi mahasiswa untuk melihat pembedahan secara langsung dari mata pertama, seakan-akan mahasiswa tersebut yang melakukan pembedahan.

3. Sejarah dan Geografi : Oculus Rift digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah, serta memudahkan para siswa dalam mempelajari letak Geografis.

4. Membuat Desain 3 Dimensi : Oculus Rift bisa digunakan untuk membuat desain 3 dimensi, desain interior, produk, dan berbagai aktivitas desain lainnya termasuk desain arsitektur berformat 3 dimensi.

Selain aplikasi diatas sobat, masih banyak lagi aplikasi lain yang saat ini sedang dikembangkan para developer, sehingga bisa kompatibel dengan perangkat Headset Oculus Rift yang canggih ini.

Oculus Rift Demo
Oculus Rift Demo


Seperti itu lah sobat, sekilas mengenai Oculus Rift, Pengertian, Kelebihan serta kekurangannya.

Tunggu Artikel menarik lainnya dalam TravelTech : Virtual Reality !!!


Salam Techno Travellers.
Latest
Previous
Next Post »